goresan hidup seorang biduan

Memuat...

Senin, 22 Maret 2010

Cara Mudah dan Cepat Membakar Lemak

Mungkin anda termasuk orang yang nyaris frustasi dengan berat badan yang
terus melambung. Sudah olahraga dan diet, tapi badan tetap tambun. Cobalah latihan untuk
membakar lemak yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda.
Biasanya, mereka yang ingin cepat langsing berupaya membuang lemak dalam tubuh dengan
berbagai cara. Ada yang minum slimming tea, paket makanan diet, alat elektrik pembuang
lemak dan sebagainya. Namun, hasilnya sangat jauh yang dari diharapkan. Bila terjadi
penurunan berat badan, semata-mata bukan lantaran lemak yang ada di dalam tubuh sudah
berkurang, melainkan justru kadar air yang ada di dalam tubuh yang berkurang.
Di dalam tubuh manusia ada tiga unsur yang bisa mempengaruhi berat badan, yakni massa
otot, air dan lemak. Air merupakan unsur yang paling dominan di dalam tubuh, karena
memang sangat dibutuhkan oleh beberapa organ penting tubuh. Sedangkan lemak yang tidak
dibutuhkan oleh organ tubuh, maka akan tersimpan di dalam lapisan kulit.
Karena itu, jika anda sedang menjalani terapi penurunan berat badan, tapi sering buang air
kecil. Maka, dapat dipastikan yang keluar adalah air bukan lemak. Lemak bisa berkurang bila
dilakukan penyedotan lemak (lippo suction) atau melakukan olahraga yang bisa membakar
lemak seperti tenis, badminton, squash dan lain lain.
Latihan ini tidak sama dengan olahraga pada umumnya. Olahraga melatih bagian luar tubuh
(work out), sedangkan yoga melatih tubuh dalam (work within). Bila olahraga lain sifatnya
kompetitif atau saling mengalahkan, maka yoga bersifat non-kompetitif.
Pada saat berlatih yoga, ego dan perasaan agresif akan dihilangkan, sehingga pikiran menjadi
tenang. Pikiran yang tenang ini akan membuat anda merefleksi diri, dan menyadari apa yang
sedang terjadi di dalam tubuh.
Anda akan mengenali diri sendiri dan apa yang mampu dilakukan. Hasilnya, anda tidak akan
berlatih secara berlebihan dan merusak otot serta persendian.
Anda akan mengikuti pose-pose atau urutan gerakan tanpa terganggu konsenstrasinya.
Ketenangan saat berlatih ini akan memberi anda akses terhadap semua pemikiran yang
memberi motivasi dan inspirasi, dalam pikiran bawah sadar.
latihan napas pada sesi ini akan mengarahlan prana yang diambil dari tarikan napas dalam,
menjadi gambaran diri anda dengan tubuh yang sehat. Ini akan memberi energi pada pikiran
anda secara efektif.
Dengan menciptakan gambaran mental yang jelas untuk kembali ke berat badan tubuh ideal,
anda mengaktifkan sistem penyembuhan intuitif yang terdapat dalam diri Anda. Ini akan
mengembalikan keseimbangan kerja kelenjar yang mengontrol berat badan dan nafsu makan.
Metode ini lebih bermanfaat daripada olahraga yang sekadar membakar lemak.
Hal yang tak kalah penting dari latihan ini adalah visualisasi positif. Visualisasikan dalam
pikiran bahwa anda ingin mencapai tujuan berupa penurunan berat badan.
Berikut ini beberapa gerakan yang bisa membantu mengatasi masalah berat badan.
1. Dandasana
Berbaringlah di atas matras. Kaki dan tangan lurus. Rilekskan seluruh tubuh. Pejamkan mata.
Lakukan gerakan ini selama 2 sampai 5 menit.
2. Pachitomotanasana
Duduk di atas matras dengan kedua kaki lurus. Angkat kedua tangan ke atas lurus. Tarik
napas. Raih telapak kaki dengan kedua tangan. Buang napas. Pejamkan mata. Kembali ke
posisi awal dan ulangi sebanyak 6 sampai 12 kali.
3. Halasana
Berbaring di atas matras. Kaki lurus dan tangan lurus di samping badan. Konsentrasikan
pandangan ke satu titik. Angkat kedua kaki ke atas dan secara perlahan arahkan jari-jarinya,
sehingga menyentuh matras di belakang kepala. Posisi tangan masih lurus di samping badan.
Tahan posisi ini selama 1 atau 2 menit.
4. Sheetkari
Ini adalah latihan pernapasan dalam yoga hatha yang bermanfaat mengatasi demam,
kahausan, keinginan untuk makan berlebihan, dan rasa panas. Latihan napas ini bersifat
mendinginkan.
Duduklah bersila. Buka mulut tapi katupkan gigi-gigi, seperti hendak menggosok gigi.
Tempatkan ujung lidah di langit-langit di belakang gigi atas. Tarik napas dari mulut dan buang
napas lewat hidung. Ulangi latihan tarik dan buang napas ini sebanyak 10 sampai 15 kali.
5. Sheetali
Hampir serupa dengan sheetkari, sheetali juga bermanfaat mengatasi demam, kehausan,
keinginan makan berlebihan dan rasa panas. Sifat latihan ini juga mendinginkan.
Duduklah bersila. Tekuk lidah dan biarkan ujung lidah itu keluar dari mulut. Kemudian
perlahan-lahan tarik napas melalui lidah yang tertekuk itu. Setelah itu buang napas secara
perlahan lewat mulut. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali.(to/snr)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar