goresan hidup seorang biduan

Rabu, 28 September 2011

Syirik

a. arti syirik
Syirik dalam istilah Islam artinya menyekutukan Allah  dengan makhlukNya. Hal itu bisa terjadi jika seseorang memiliki suatu kepercayaan atau melakukan suatu perbuatan yang mengandung salah satu dari tiga perkara berikut ini:
1. memberikan suatu bentuk peribadatan kepada selain Allah , seperti berdo'a memohon kepada selain Allah, meminta sesuatu kepada selain Allah  padahal hanya Allah  yang bisa mengabulkannya; seperti rizki, jodoh, anak dll. Apalagi kalau peribadatan itu berupa sujud atau ruku'.
2. mempercayai adanya zat selain Allah  yang mempunyai suatu kekuasaan atau kemampuan yang sebenarnya hanya dimiliki Allah , seperti; menyembuhkan penyakit, melipat-gandakan hasil panen, melariskan dagangan, melindungi seseorang dari marabahaya, dll.
3. menyamakan salah satu sifat Allah  dengan sifat makhlukNya, seperti; menyamakan penglihatan Allah  dengan penglihatan makhlukNya, menyamakan ilmu Allah  dengan ilmu makhlukNya, menyamakan keagungan Allah  dengan keagungan makhlukNya, dll.

b. bahaya syirik
1. syirik adalah dosa yang paling besar, ia tidak akan diampuni / dimaafkan oleh Allah , jika pelakunya tidak bertaubat sebelum mati. Sedangkan dosa besar selain syirik masih mungkin diampuni Allah . Qs. 4:48.
2. pelaku syirik akan diharamkan masuk surga dan akan dibakar di api neraka Jahannam selama-lamanya. Qs. 5:72.
3. seluruh amal shalih dan kebaikan-kebaikan yang dikerjakan oleh pelaku syirik akan gugur sia-sia dan tidak akan ada pahalanya di akherat kelak. Qs. 39:65.
4. syirik adalah suatu kedzaliman yang paling besar, sebagaimana nasihat Luqman al Hakim kepada putranya. Qs. 31:13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar