goresan hidup seorang biduan

Rabu, 28 September 2011

Kedudukan Shalat

Keistimewaan Sholat.
Sholat dalam Islam memiliki keistimewaan yang banyak dibandingkan dengan ibadah lainnya, antara lain :
1.Merupakan tiang agama , jika ia tidak ada maka agama akan runtuh.
2.Allah S.W.T menurunkan kewajiban sholat tersebut di langit secara langsung kepada rasulNya tanpa perantaraan malaikat.
3. Ia adalah ibadah yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat.
Rasulullah  bersabda: "Yang pertama kali akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat. Jika ia baik maka baiklah seluruh amalnya, dan jika ia rusak maka rusaklah seluruh amalnya". (HR.Thabrani dengan sanad hasan).
4.Ketika beliau akan menghembuskan nafasnya yang terakhir beliau sempat berpesan dengan suara lirih, "Jagalah shalat, jagalah sholat dan hamba hamba sahaya kalian."
5.Merupakan kewajiban yang tidak gugur bagi seorang hamba selama akalnya masih sehat. Baik dalam keadaan sehat atau sakit, mukim atau bepergian, perang atau damai. Shalat tetap tidak boleh ditinggalkan. Ini berbeda dengan kewajiban yang lainnya.
6. Sholat adalah unsur pencegah yang kuat dari perbuatan fahisyah (keji) dan kemungkaran. Allah swt berfirman:
“Sholat itu mencegah (pelakunya) dari perbuatan keji dan mungkar” (QS. 29 : 45)

Ancaman Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat.
1. Barang siapa yang meninggalkan sholat dengan sengaja maka ia telah kafir & keluar dari Islam. Rasulullah  bersabda: "Perjanjian antara kita dan mereka adalah sholat, barangsiapa yang meninggalkannya maka benar-benar ia telah kafir."
(HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasa'i, Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Abdullah bin Syaqiq (seorang tabi'in) berkata, "Para shahabat Nabi saw berpendapat bahwa tidak ada satupun amal yang bila ditinggal-kan menyebabkan kekafiran, selain sholat".
2. Tidak boleh dishalatkan jenazahnya, dimintakan ampun dan rahmat untuknya serta tidak boleh dikuburkan di pemakaman kaum muslimin.
3. Pada hari kiamat, ia akan dikumpulkan bersama tokoh-tokoh kafir karena ia telah termasuk dari golongan mereka.Nabi saw bersabda tentang sholat, "Barangsiapa yang menjaganya maka ia menjadi cahaya, bukti dan keselamatan baginya pada hari kiamat, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti dan keselamatan, dan pada hari kiamat ia akan bersama Qarun, Fir'aun, Haman dan Ubay bin Khalaf". (HR.Thabrani, Ibnu Hibban dan sanadnya shahih).
5. Di bakar di api neraka selamanya.
saudaraku kaum muslimin…jagalah sholatmu agar engkau selamat didunia & akhirat. Tiada kebahagiaan tanpa sholat. Sholat adalah obat penenang yang ampuh sekali. Karena padanya terkumpul dzikir – dzikir yang luhur dan dzikir adalah penenang hati yang terampuh “Bukankah dengan dzikir itu hati menjadi tenang?” (QS. 13 : 28)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar