goresan hidup seorang biduan

Memuat...

Rabu, 28 September 2011

Neraka da Siksaannya

Neraka adalah tempat penyiksaan orang-orang yang berdosa, di dalamnya terdapat berbagai macam siksaan dan penderitaan yang tidak dapat dilukiskan. Mereka di situ tidak hidup dan tidak mati. Bagi orang-orang kafir atau musyrik (menyekutukan Allah) mereka akan tinggal di dalamnya kekal selamanya. Sedangkan orang beriman yang banyak berdosa tetapi tidak bersyirik (tidak musyrik), bilah Allah memasukkannya keneraka, maka dia tidak akan kekal didalamnya.
Sebagian gambaran tentang neraka dan siksaannya:
A. Kedalamannya.
Abu Hurairah berkata, "Kami berada bersama Rasulallah , dan kami mendengar suara sesuatu yang jatuh. Nabi  bersabda, "Tahukah kalian suara apa itu? Kami menjawab, "Allah dan RasulNya yang paling mengetahui", Nabi bersabda, "Itu suara batu yang dilemparkan ke neraka tujuh puluh tahun yang lalu, tetapi baru jatuh di dasarnya sekarang". (HR. Muslim)
B. Kekuatan panasnya
Nabi  bersabda, "Api yang kita kenal di dunia ini adalah sepertujuh puluh bagian dari api neraka". (HR. Bukhari) dan api itu tidak pernah padam.
“Tiap-tiap kali nyala api jahanam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya”. (QS. 17:97)
“Dan golongan kiri, siapakah golongan kiri itu. Dalam (siksaan) angin yang amat panas dan air panas yang mendidih dan dalam naungan asap yang hitam. Tidak sejuk dan tidak menyenangkan”. (QS. 56 :41-44)


C. Makanannya. (QS. 88:6-7)
“Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar”.
“Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas”. (QS. 44:43-46)
D. Minumannya adalah Hamim (air yang mendidih).
“Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghangus-kan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek”. (QS. 18:29)
E. Pakaiannya.
“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka”. (QS. 22:19)
F. Yang teringan siksanya.
Nabi  bersabda, "Orang yang paling ringan siksanya diantara para penghuni neraka nanti adalah orang yang dibawah telapak kakinya ditaruh bara yang menyala, yang akan membuat otaknya mendidih". (HR. Bukhari)
G. Keadaan kulit mereka.
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (QS. 4:56)

1 komentar: