goresan hidup seorang biduan

Rabu, 28 September 2011

Kepada Setiap Ayah

Sesungguhnya Allah  telah mengamanahkan kepadamu putra putrimu. Dia telah mempercayakan kepadamu pendidikan dan penga-suhan mereka. Engkau adalah kunci penentu kebahagiaan atau keseng-saraan mereka. Allah  telah menitipkannya kepadamu dalam keadaan fitrah, sebagaimana sabda rasulullah  ", Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci ), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan mereka yahudi atau nasrani atau majusi." (HR. Bukhari). Dalam rangka melaksanakan kewajiban nasihat terhadap sesama muslim kami haturkan kepada Anda beberapa butir nasihat berikut:
1. didiklah anak-anak Anda untuk melaksanakan sholat yang lima waktu ketika usia mereka menginjak 7 tahun, sebab sholat adalah tiang agama.
2. ajarkanlah kepada mereka hukum-hukum Islam dan adab-adabnya.
Khusus untuk anak-anak putri, biasakanlah kepada mereka berbusana muslimah yaitu busana yang menutupi seluruh tubuh mereka kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Ini adalah pakaian yang merupakan ciri khas seorang muslimah dan perintah Allah  kepada setiap muslimah." sebagaimana firman Allah  ," Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mumin : "Hendaklah mereka mengulurkann jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu." (Qs. 33: 59).
Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Aisyah bahwa Asma binti Abu Bakar menemui Rasulullah  sedangkan ia memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah berpaling darinya dan berkata kepadanya: "Wahai Asma ! Sesungguhnya jika seorang wanita itu telah mencapai masa haid (dewasa ), maka tidak boleh jika ada bagian tubuhnya yang terlihat, kecuali ini dan ini." Kemudian beliau menunjuk wajah dan telapak tangannya. (HR. Abu Dawud ). Adapun syarat-syarat busana muslimah tersebut ialah : a. bukan berfungsi sebagai perhiasan, b. kainnya harus tebal (tidak tipis), c. harus longgar (tidak ketat) sehingga tidak dapat menggambarkan sesuatu dari tubuhnya, d. tidak diberi wewangian atau parfum, e. tidak menyerupai pakaian laki-laki, f. tidak menyerupai pakaian wanita-wanita kafir, g. bukan pakaian untuk mencari popularitas (pakaian kebesaran)
3. Wahai para ayah…perhatikanlah teman-teman bergaul mereka dan jangan sampai mereka bersahabat kecuali dengan teman-teman yang sholih. Khusus untuk anak-anak putri janganlah mereka sampai berteman keculi dengan teman-teman putri yang sholihah.
Nabi  bersabda " Seseorang itu akan mengikuti agama (dien) kawan dekatnya, oleh karena itu hendaklah setiap orang memperhatikan siapa kawan dekatmya" (HR. …… ).
Sungguh tidak sedikit kita lihat di tengah-tengah kita anak-anak dari keluarga yang baik-baik namun akhirnya menjadi rusak karena salah pergaulan. Waspadailah wahai para ayah , jangan sampai putri-putrimu pacaran karena pacaran itu sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Ia adalah budaya barat yang telah merasuk di tengah –tengah umat Islam .
Nabi  bersabda, "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka jangan sekali-kali berduaan (kholwat) dengan wanita tanpa disertai mahramnya karena sesungguhnya setan adalah pihak ketiganya." (HR. Ahmad).
Beliau juga bersabda, "Jangan sampai seseorang diantara kalian berduaan dengan wanita kecuali dengan mahramnya." (HR. Bukhari dan Muslim). Sesungguhnya Islam sangat memuliakan wanita. Islam menganggap wanita adalah kehormatan yang harus dipelihara dan makhluk lemah yang wajib dilindungi. Islam tidak menghalalkan wanita pergi berduaan dengan laki-laki yang bukan mahramnya karena setan akan menjadi pihak ketiganya. Dan jika setan menyertai keduanya pasti akan menggelincirkan keduanya dalam kemaksiatan (zina). Betapa banyak perzinahan terjadi karena pacaran.
Wahai para ayah…jika engkau mencintai putri-putrimu maka hendaklah engkau memikirkan keselamatan mereka , tidak hanya keselamatan di dunia saja tapi justru yang lebih penting itu adalah keselamatan di akhirat. Selamatkanlah putri-putrimu dari bahaya api neraka. Ingatlah firman Allah , "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.". (QS. 66:6).
Juga Rasulullah  bersabda, "Ada dua golongan di antara penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya ; (salah satunya adalah ) wanita-wanita yang berpakaian namun seperti telanjang,mereka tidak akan masuk surga dan juga tidak akan mencium baunya, padahal baunya surga itu dapat dicium dari perjalanan sekian dan sekian." (HR. Muslim).
Wahai para ayah …jagalah putri-putrimu yang ia adalah amanat dari Allah  kepadamu, didiklah mereka dengan adab-adab Islam, tanamkanlah pada mereka rasa malu dan 'iffah (menjaga kesucian ) karena rasa malu itu adalah perhiasan termahal bagi wanita, hindarkanlah mereka dari gaul bebas yang merusak , jauhkanlah mereka dari media massa yang menebarkan pornografi dan kerendahan akhlak…niscaya kebahagiaan dunia dan akhirat akan selalu menyertaimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar