goresan hidup seorang biduan

Kamis, 27 Desember 2012

Tanggal Tua, Rajin Ibadah





Tanggal udah tua , Gajian masih lama, Nafsu shopping yang tertukut untuk beli ini - beli itu terus menggoda, sementara duit udah CEKAK. Angka harapan hidup pun tinggal menghitung hari. Solusi minjem duit kayaknya gak mungkin, berhubung hutang yang kemarin aja belum lunas. Solusi terakhir sekaligus solusi paling sakral adalah PUASA.

Ya itulah salah satu sekelumit masalah yang sering dialami oleh manusia, yaitu Timpangnya Kondisi Bokek dengan Kebutuhan Hidup yang menggunung, dan secara kebetulan kejadian mengenaskan kayak gitu menimpa penulis sendiri.

Tapi mbok yaa kalau dipikir-dipikir, setiap masalah memang selalu ada hikmahnya, maksudnya bukan hanya kondisi Bokek memotivasi seseorang buat puasa, kayak yang dialami penulis. Bukaaannn,,Bukan cuma itu maksudnya. Pokoknya semua masalah, contohnya saat kehilangan sesuatu yang kita senangi bisa menyadarkan kita akan pentingnya ia, yang efek nya bisa membuat kita lebih protektif untuk bisa merawatnya dengan lebih baik. Pelajaran ini juga diambil dari pengalaman penulis sendiri yang udah kehilangan Handphone lebih dari tiga kali, wihh keren dahh..

Yuk merenung lagi... Tidak bisa disangkal kalau Tuhan itu sangat sayang sama hambanya, ya Dia lah Ar-Rahman dan Ar-Rahim. Cuma saja hambanya kadang terlalu bodoh untuk bisa mengartikan kasih sayangnya. Saat dikasih harta yang banyak, ya dia mah lupa, doyan nya poya-poya, tuh harta dipake sesuai kehendak nafsunya doank, di pake judilah, dipake minumlah, maen wanita lah, dan macem-macem lagi tu bentuk kesenangan dunia. Ehh...pas tu kelimpahan harta dicabut baru lah dia nyadar..mulai dah sesenggukan nangis di atas sajadah..minta ini dan minta itu lagi. Yaa.. emang si masih mending kalau dibandingin sama hambanya yang gak nyadar sama sekali. Tapi kan alangkah lebih baiknya lagi kalau sewaktu harta berlimpah, tu harta dipake buat yang bernilai dan berbobot pahala.

Kembali lagi kita nyoal puasa…Puasa itu salah satu ritual sakral yang hanya dilakukan karena Allah semata. Nah…Sekarang kita puasa, tapi puasa nya lebih dikarenakan untuk penghematan uang ? Apakah puasa seperti itu bisa dikategorikan puasa yang ikhlas karena Allah ? jawaban menurut penulis WHY NOT, MENGAPA TIDAK. Maksudnya niatan kita untuk puasa saja itu sudah dapet pahala, sampe situ aja dulu. Kita jangan terlalu muluk2 untuk menjadi hamba yang ikhlas terlebih dahulu, sementara puasanya kagak. Ya mendingan kita puasa dengan iming-iming pahala, ntar masalah ikhlas timbul sendiri kalau sudah terbiasa. Yang namanya manusia punya keinginan, ya itu manusiawi lah. Lagian juga apalah arti adanya do’a kalau memang manusia tak punya keinginan. Bukankah Tuhan menyediakan Do’a sebagai sarana permintaan hamba kepada tuhannya. Itu tandanya kalau Tuhan itu ngerti kalau manusia itu emang banyak maunya. Jadi intinya, kalau mau ibadah ya langsung aja praktek, jangan terlalu muluk mikirin soal hati yang ikhlas atau kagak, itu mah belakangan. Kalau udah terbiasa bakalan ikhlas dengan sendirinya, bahkan tanpa kita sadari kalau kita udah ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar